Sang Cendekiawan Bangsa

Maret 26, 2014


Proses adalah hal yang harus ditempuh manusia dalam mencapai sesuatu. Tentunya dalam suatu proses kita bisa memilih dua pilihan antara kita membiarkan proses itu berjalan alami (mengalir begitu saja) atau merencanakannya dengan detail. Kawan-kawan pasti tau harus memilih yang mana. Ya, kita harus merencanakan proses itu untuk mencapai sebuah mimpi yang luar biasa. Mimpi yang baik tentunya harus diusahakan dengan proses yang baik pula. Walaupun terkadang ditengah jalan kita menghadapi suatu kenyataan yang tidak sesuai dengan bayangan kita, yakni sebuah halangan atau masalah.

Pernahkah kawan-kawan mendapat masalah? Pastinya pernah bukan. Pertanyaan selanjutnya pernahkah kawan-kawan menyadari ada suatu masalah di lingkungan sekitar kalian? Kemudian,  pernahkah kawan-kawan pernah menyadari ada suatu masalah yang melanda Bangsa ini? Silahkan dijawab dalam hati. Syukur jika kawan-kawan telah berpikir jauh dan luas melihat realita yang ada di negeri ini. Andaikan saja ada orang-orang seperti kalian yang peduli dan ikut memikirkan masalah yang dilanda bangsa ini. Tidak hanya ada di zona nyaman dengan berpikir sempit bahkan memikirkan diri sendiri. Akan banyak kelompok yang berdiri di garis depan yang senantiasa berbuat kebaikan untuk memperjuangkan kepentingan masyarakat kecil, yang sering dilupakan oleh golongan elit politik.

Kita pemuda mempunyai kapasitas untuk itu. “Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia” optimisme seorang Ir. Soekarno untuk pemuda di masa lalu. Tantangan di era sekarang, dan kita pemuda adalah aktor utamanya. Siapkah kalian menjadi pemeran utama di medan laga modernisasi? Harus siap dan itu adalah jawaban satu-satunya yang keluar dari mulut seorang Pemimpin! Siapa lagi jika bukan kita? Pemimpin yang menyadari akan pentingnya sumbangsih terhadap bangsa dan negara. Menghasilkan sebuah karya yang bermanfaat bagi masyarakat luas. Think Productive! Mengendalikan sebuah proses dengan perencanaan yang matang serta do'a adalah ciri-ciri insan cendekia yang ditunggu-tunggu di masa depan.

Merancang suatu proses kebaikan, dan mengkondisikannya sedemikan rupa sehingga mimpi-mimpi kita bisa terwujud. Bagaimana seorang pemuda mewaranai masa depan Dunia. Ya, hanya pemudalah yang bisa merubah Dunia. Kita tahu sosok Steve Jobs, Bill Gates atau seorang Andy Rubin yang kini penemuanya telah merubah tatanan Dunia sekaligus mempengaruhi seluruh aspek sosial budaya dunia khusunya di bidang Teknologi. Mereka bisa mencapai pencapaian yang luar biasa itu melalui sebuah proses yang luar biasa pula. Tentunya mereka tidak membiarkan ide-idenya mengalir dan tanpa adanya visi yang jelas. Mereka pasti merencanakan itu, dan itu seharusnya dilakukan jauh dibelakang terhitung sejak  kesuksesan mereka mulai "meledak".Bukan karena hanya kecerdasan seorang Muhammad Bin Musa Al-Khawarizmi sehingga ditemukanya Aljabar dan ilmu Trigonometri, namun kunci determinasi (Ikhtiar) dan tentunya do'a sebagai wujud penghambaan kita (manusia) kepada sang khalik Allah SWT adalah hal pokok yang selalu beriringan menghampiri sebuah kesuksesan.

“Rencanakan masa depanmu, kelak petik kesuksesanmu bersama orang-orang yang engkau sayangi” mungkin kalimat itu yang mengambarkan apa yang ada di pikiran saya sekarang. Bagaimana bisa mewarnai dunia bersama sahabat seperjuangan. Sosok inspiratif yang bisa membangunkan saya ketika tidur terlelap ditengah mimpi buruk. Dan menghadirkan mimpi indah dimasa depan. Sosok yang cerdas baik dalam ilmu dan amal. Seorang cendekiawan yang bisa menempatkan diri dan selalu bertindak sesuai ilmunya. Selalu memikirkan kepentingan bersama dan tidak egois.

Saya ucapkan syukur kepada Allah SWT, yang telah menghadirkan orang-orang yang senantiasa menginspirasi. Orang - orang yang tak henti-hantinya mengukir prestasi. Orang-orang yang senantiasa menghadirkan ketenangan batiniah dalam dirinya maupun orang lain di sekitarnya. Beraktivitas dengan penuh motivasi untuk menjadikan kualitas diri menjadi lebih baik dan lebih baik. Itulah generasi yang membanggakan yang dimiliki Ibu pertiwi ini, generasi Cendekia yang bisa mewarnai dunia dan meletakkan sebuah amalan yang selalu diiringi dengan ilmu ditengah-tengah lingkungannya. Menghadirkan perbedaan sekaligus menjadi sosok pemimpin yang ideal. Semangat kawan-kawanku, kita warnai dunia dengan tangan kita, Bersama-sama!



-sebuah harapan kecil untuk para cendekia dan bangsa Indonesia-

You Might Also Like

5 komentar

  1. Secercah harapan kecil dari para Cendekia untuk bangsa Indonesia :)

    BalasHapus
  2. Mari pertahankan semangat ini!

    BalasHapus
  3. Mari pertahankan semangat ini!

    BalasHapus
  4. Harapan kecil yang kemudian akan menjadi besar nantinya...
    Amin...

    BalasHapus
  5. kece dah ini anak. keep spirit Vempi :)

    BalasHapus

Subscribe