I am back!



Hampir genap setahun saya sudah tak menulis sama sekali di blog ini. Beberapa bulan di awal tahun ini, saya menulis beberapa tulisan di blog kami yang baru sepasangsenyum.com, sebuah blog yang saya dan istri buat untuk mendokumentasikan perjalanan cerita kami sejak pernikahan Desember 2018 lalu. Rindu menulis, pasti. Baru saja kemarin saya buka kembali akun blog ini, membaca kembali sekilas tulisan-tulisan saya sebelumnya dan menemukan ada satu komentar di salah satu tulisan saya. Itu membuat saya semakin ingin menulis kembali, setelah melalui hari-hari yang cukup sibuk di beberapa bulan terakhir.

Sebelum saya vakum dalam menulis, saya masih berkomitmen untuk membuat satu tulisan dalam dua minggu bersama kawan-kawan saya di Inkspirations. And it works! Tapi setelah beberapa kali terlewat dari target, beberapa minggu berikutnya terasa cukup berat, walaupun hanya satu tulisan saja dalam dua minggu. Terlewatnya beberapa kali tulisan bukannya tanpa alasan. Dalam beberapa bulan terakhir ini saya cukup disibukkan dengan pekerjaan riset studi Master saya. And finally! I finished my thesis and final presentation last month! Itu berarti di bulan ini saya tinggal menunggu wisuda saja, Alhamdulillah!

Tak hanya sibuk dengan riset master, sejak menikah, saya memiliki keseharian yang cukup berbeda dari sebelumnya saat saya masih single. Entah, apakah ada hubungannya dengan produktivitas menulis atau tidak, tapi rasanya menulis menjadi prioritas kesekian setelah menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan rumah dan riset sehari-hari. Walaupun sebetulnya, itu semua tak seharusnya menjadi alasan berhentinya kebiasaan menulis yang sudah saya bangun beberapa tahun terakhir ini. Saya seharusnya bisa meluangkan waktu setengah jam atau sejam dalam dua minggu untuk menulis. Namun, terkadang bisikan-bisikan untuk tidak menulis pasti ada saja. Seperti halnya bisikan akan tidak terlalu pentingnya menulis, atau jika menulispun tak akan banyak orang yang membacanya ataupun bisikan jika menulis akan menyita waktu saya sedangkan tanggungan pekerjaan lain yang lebih penting masih banyak. Pasti ada saja pemikiran yang berlawanan, khususnya saat hasrat ingin menulis datang. Dan sejak saat ini, saya bertekat kembali untuk menulis! Tak peduli apapun kesibukan yang sedang saya hadapi, saya harus bisa membagi waktu yang sedikit ini untuk tulisan-tulisan saya kedepannya. Seperti halnya saat saya harus menyempatkan sedikit waktu untuk menuntaskan komitmen-komitmen harian yang telah saya buat.

Di tulisan ini saya tak akan membawa satu topik kecuali ingin menyampaikan pada diri saya bahwa saya akan berkomitmen untuk kembali hadir di blog, insyaAllah. Tetap dalam siklus dua mingguan. Ada banyak yang ingin saya ceritakan tentang cerita-cerita saya selama beberapa bulan terakhir yang belum sempat terdokumentasikan dalam tulisan. Khususnya, pengalaman-pengalaman saya selama ada di Jepang ini nampaknya wajib dibagikan melalui blog ini. See you on the next story!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram